SMP Wijaya Putra  berdiri pada tahun 1997. Semula bernama SLTP KARMAN AMAT akan tetapi pada tahun 2005 setelah adanya alih kelolah yayasan Wijaya Putra kepada yayasan Karman amat dan dalam rangka menyamakan sebutan sekolah maka SMP KARMAN AMAT dirubah menjadi SMP Wijaya putra. Berdirnya SMP ini atas dorongan dari luar terutama dari kalangan masyarakat yang peduli akan pentingnya pendidikan yang lebih baik dan berkualitas khususnya di wilayah Pakal,  Surabaya barat pada umumnya. Sebagai lembaga formal di bawah naungan Yayasan Insan Indonesia Mandiri, SMP Wijaya Putra sadar akan pentingnya pendidikan  yang bermutu, baik dari segi intelektual maupun perilaku peserta didik, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU sisdiknas no. 3 tahun 2003 yakni tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang berkarakter oleh sebab itu selaras dengan tujuan sekolah SMP Wijaya Putra mulai tahun pelajaran 2005 telah melaksanakan pendidikan budi pekerti. Dengan demikian SMP Wijaya Putra dalam melaksanakan pendidikan memilki 3 (tiga) orentasi yang di terapkan dan di integrasikan ke dalam seluruh proses pendidikan dan pengajaran, yang terdiri dari Orentasi intelektual, orentasi komunikatif dan orentasi kebangsaan (berbudi  pekerti luhur).

Peserta didik lulus dari SMP Wijaya Putra memiliki :

  1. Kemampuan mengembangkan jati diri sebagai warga Negara Republik Indonesia, serta integritas moral (budi pekerti) yang tinggi.
  2. Kemampuan belajar sepanjang hayat secara mandiri yang ditinjukan dengan kemampuan mencari, mengorganisasikan, dan memproses informasi untuk kepentingan kini dan nanti serta kebiasaan membaca dan menulis.
  3. Pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan yang di tunjukan dengan kesediaan menerimah tugas, menentukan standart, dan trastegi yang tepat serta kompeten dalam menyelesaikan tugas tersebut dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.
  4. Kemampuan berpikir yang kuat dan luas kritis, inovatif, dan komunikatif.
  5. Penguasaan tentang diri sendiri sebagai pribadi (inter personal) kualitas pribadi.
  6. Penguasaan materi pelajaran yang ditunjukan dengan kelulusan ujian akhir Nasional.
  7. Penguasaan teknologi dasar yang mutakir dan canggih.
  8. Kemampuan mengkomunikasikan Ide dan informasi kepada pihak lain dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing (Inggris dan Mandarin).
  9. Kemampuan mengelolah kegiatan (merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi)
  10. Kemampuan mengidentifikasi, pengorganisasian, merencana, dan mengalokasikan sumber daya manusia maupun sumber daya penelitian, perlengkapan, perbekalan, waktu dan bahan.
  11. Kemampuan memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
  12. Terampil menggunakan ICT.
  13. Memahami budaya/kultur.
  14. Kepedulian terhadap lingkungan sosial, fisik, dan budaya.

VISI dan MISI SEKOLAH WIJAYA PUTRA

Visi

  • Menghasilkan warga sekolah yang cerdas, dan Berbudi Pekerti Luhur.

Misi

  1. Membimbing siswa dalam perkembangan moral dan pembentukan kepribadian.
  2. Menghidupkan iklim belajar yang kompetitif.
  3. Membimbing pengembangan diri siswa dengan baik.
  4. Mengoptimalkan pengembangan lingkungan dengan warga sekolah.
  5. Mengelolah menajemen sekolah dengan baik dan benar.
  6. Membimbing pengembangan dan pengetahuan teknologi.

SMP Wijaya Putra  berdiri pada tahun 1997. Semula bernama SLTP KARMAN AMAT akan tetapi pada tahun 2005 setelah adanya alih kelolah yayasan Wijaya Putra kepada yayasan Karman amat dan dalam rangka menyamakan sebutan sekolah maka SMP KARMAN AMAT dirubah menjadi SMP Wijaya putra. Berdirnya SMP ini atas dorongan dari luar terutama dari kalangan masyarakat yang peduli akan pentingnya pendidikan yang lebih baik dan berkualitas khususnya di wilayah Pakal,  Surabaya barat pada umumnya. Sebagai lembaga formal di bawah naungan Yayasan Insan Indonesia Mandiri, SMP Wijaya Putra sadar akan pentingnya pendidikan  yang bermutu, baik dari segi intelektual maupun perilaku peserta didik, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU sisdiknas no. 3 tahun 2003 yakni tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang berkarakter oleh sebab itu selaras dengan tujuan sekolah SMP Wijaya Putra mulai tahun pelajaran 2005 telah melaksanakan pendidikan budi pekerti. Dengan demikian SMP Wijaya Putra dalam melaksanakan pendidikan memilki 3 (tiga) orentasi yang di terapkan dan di integrasikan ke dalam seluruh proses pendidikan dan pengajaran, yang terdiri dari Orentasi intelektual, orentasi komunikatif dan orentasi kebangsaan (berbudi  pekerti luhur).Peserta didik lulus dari SMP Wijaya Putra memiliki :

  1. Kemampuan mengembangkan jati diri sebagai warga Negara Republik Indonesia, serta integritas moral (budi pekerti) yang tinggi.
  2. Kemampuan belajar sepanjang hayat secara mandiri yang ditinjukan dengan kemampuan mencari, mengorganisasikan, dan memproses informasi untuk kepentingan kini dan nanti serta kebiasaan membaca dan menulis.
  3. Pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan yang di tunjukan dengan kesediaan menerimah tugas, menentukan standart, dan trastegi yang tepat serta kompeten dalam menyelesaikan tugas tersebut dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.
  4. Kemampuan berpikir yang kuat dan luas kritis, inovatif, dan komunikatif.
  5. Penguasaan tentang diri sendiri sebagai pribadi (inter personal) kualitas pribadi.
  6. Penguasaan materi pelajaran yang ditunjukan dengan kelulusan ujian akhir Nasional.
  7. Penguasaan teknologi dasar yang mutakir dan canggih.
  8. Kemampuan mengkomunikasikan Ide dan informasi kepada pihak lain dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing (Inggris dan Mandarin).
  9. Kemampuan mengelolah kegiatan (merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi)
  10. Kemampuan mengidentifikasi, pengorganisasian, merencana, dan mengalokasikan sumber daya manusia maupun sumber daya penelitian, perlengkapan, perbekalan, waktu dan bahan.
  11. Kemampuan memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
  12. Terampil menggunakan ICT.
  13. Memahami budaya/kultur.
  14. Kepedulian terhadap lingkungan sosial, fisik, dan budaya.

VISI dan MISI SEKOLAH WIJAYA PUTRA

Visi

  • Menghasilkan warga sekolah yang cerdas, dan Berbudi Pekerti Luhur.

Misi

  1. Membimbing siswa dalam perkembangan moral dan pembentukan kepribadian.
  2. Menghidupkan iklim belajar yang kompetitif.
  3. Membimbing pengembangan diri siswa dengan baik.
  4. Mengoptimalkan pengembangan lingkungan dengan warga sekolah.
  5. Mengelolah menajemen sekolah dengan baik dan benar.
  6. Membimbing pengembangan dan pengetahuan teknologi.

ARAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN SAINS

DI SEKOLAH WIJAYA PUTRA SURABAYA

Sains sebagai kesatuan dari beberapa keilmuan yakni fisika, biologi dan kimia yang lahir dan berkembang dari sifat keingintahuan manusia terhadap hakikat segala sesuatu sejalan dengan kemampuan analisa, abstraksi, dan logika manusia dengan pola pikir rasionalis dan empiris. Sebagai suatu ilmu yang lahir hasil karya pemikiran manusia yang berusaha untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, sains dituntut untuk mampu memberikan solusi yang positif sehingga keilmuan sains tumbuh dan berkembang dalam suasana kebebasan berpikir yang merupakan realitas kebutuhan hidup dan fitrah manusia yang religius. Sejalan perkembangan zaman, sains terus berkembang dan tetap tidak bisa dipisahkan kegiatan telaah pustaka dengan eksperimen, keduanya saling berjalan kegiatan eksperiman tetap dipandu oleh teori.

Sesuai dengan hakikat keilmuan sains tersebut, Sekolah Wijaya Putra baik SMP maupun SMA mengangkat keilmuan ini sebagai basic pembelajarannya, yakni menekankan kemampuan analisa dan logika berfikir yang dibuktikan dengan dihasilkannya berbagai karya – karya penelitian, terutama dibidang Science Techno Preneur, yakni memberikan solusi yang positif untuk kebutuhan hidup manusia. Banyak kegiatan pembelajarannya kearah eksperimen laboratorium, teknik pengukuran, analisa proses dan kegiatan lainnya. Sehingga banyak sebagai hasil pembelajaran dihasilkan karya berbagai produk bidang Biologi termasuk aneka produk ekstraksi, fermentasi berbagai produk makanan dan minuman, Fisika dihasilkannya produk alat pesawat sederhana, produk olahan energi alternatif (biogas dan briket), produk elektronika dan berbagai alat ukur. Kimia dihasilkannya aneka produk kebutuhan rumah tangga, aneka pembersih, aneka sabun, tinta, cat tembok dan produk-produk lainnya. Yang kesemuanya memang merupakan arah pengembangan pembelajaran sains sebagai solusi pemenuhan kebutuhan hidup manusia.

ARAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN FISIKA

DI SMP WIJAYA PUTRA SURABAYA

Fisika sebagai ilmu pengetahuan tertua dan terus berkembang terutama berkaitan dengan penemuan dan pemahaman mendasar mengenai dunia anorganik fisik  yang esensinya sangat mengedepankan sifat rasionalisme dan empirisme sebagai pilar utamanya. Pada tingkatan awal untuk pemahaman kesana kemampuan nalar indrawi sangat diperlukan terutama pada tingkatan siswa dimana ia mulai mengenal tentang dunia Fisika. Sebagai keilmuan yang didalamnya banyak membutuhkan pembuktian secara matematis dengan menggunakan persamaan dengan formulasi kuantitatif dari hukum-hukum alam yang merupakan produk penelitian dan telaah pustaka, untuk bisa memahami secara komprehensif keilmuan ini,  perlu dibangun kecakapan nalar dan analisa terhadap bidang kajian yang ada. Bentuk seperti ini bisa dikenalkan dan dikembangkan melalui aneka percobaan dan penelitian di laboratorium dengan menyeimbangkan antara teori dan praktek.

Tahap awal diberikan kepada siswa di SMP Wijaya Putra adalah penguasaan konsep dasar secara matang tentang tahapan penelitian, system besaran dan satuan melalui pengenalan dan penggunaan berbagai alat ukur, teknik operasional, dan perhitungan serta kajian teoritis yang menyertainya. Selanjutnya difahamkan pada sub kajian fisika lanjut yakni konsep gerak, gelombang, fluida, listrik magnet, fisika modern, dan fisika inti. Melalui pembelajaran ini juga sedikit anak mulai dikenalkan pada tahapan analisa (merancang alat sederhana yang bisa menjelaskan prinsip dasar suatu kajian) dalam dunia fisika serta korelasinya terhadap teknologi dan kondisi lingkungan saat ini yakni melalui Pengembangan Diri Kelas Fisika. Sehingga kegiatan pembelajaran melalui aneka referensi, baik buku pegangan maupun internet (pembelajaran IT) terus dikembangkan dalam pembelajaran fisika di SMP Wijaya Putra.

ARAH PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BIOLOGI

DI SMP WIJAYA PUTRA SURABAYA

Biologi sebagai keilmuan sains yang sangat dekat dan sarat dengan pengalaman pribadi dalam kehidupan sehari-hari terutama pada lingkungan organik makhluk hidup, sangat membutuhkan pemahaman yang konkret dan terintegrasi terutama tentang makhluk hidup dan lingkungannya. Banyak model kegiatan eksperimen dan telaah konsep ilmiah yang bisa dikembangkan untuk mempelajari keilmuan ini, dengan merangsang sifat keingintahan, membuat hipotesa, merancang desain penelitian yang dibuat sampai pada tahapan pengambilan data dan analisa.

Tahap awal diberikan kepada siswa di SMP Wijaya putra adalah pengenalan metode ilmiah selanjutnya pengenalan lingkungan biotik dan abiotik serta interaksi didalamnya, system fisiologi dan morfologi makhluk hidup dan upaya-upaya pelestarian didalamnya dalam pemenuhan kebutuhan hidup secara berkelanjutan dan lestari.  Model pembelajarannya adalah penguasaan pada materi dan peningkatan dalam bidang penelitian kearah aplikasi atau penerapan, Banyak kegiatan pembelajaran dengan pola di laboratorium alam, seperti halaman sekolah, Green House dan lingkungan sekitarnya melalui metode inquiri dan observasi. Kegiatan eksplorasi dari keilmuan yang didapat ini selanjutnya dipresentasikan dan didskusikan melalui pembelajaran dikelas dan dikembangkan menjadi suatu bentuk karya penelitian.

  1. Juara  I Lompat Jauh Piala KONI
  2. Peringkat IV Lomba Kirab Drumband Se-Jawa timur
  3. Juara I Lomba Unjuk Gelar Senior Drum band Piala Walikota Surabaya
  4. Juara II Gitapati drumband Se-Surabaya.
  5. Juara II Jurnalistik MiLo Cup Se-Surabaya
  6. Juara I Pencak Silat Piala KONI
  7. Juara I Pencak Silat P2SP tingkat Nasional
  8. Juara I Pencak Silat Piala Walikota
  9. Juara I Pencak Silat Piala IPSI
  10. Peringkat IV KIR Tingkat Nasional
  11. Juara III Panjat Tebing Piala KONI
  12. Juara II Futsal Se-Surabaya
TOP