PROFIL SMP Wijaya Putra


        SMP Wijaya Putra  berdiri pada tahun 1997. Semula bernama SLTP KARMAN AMAT akan tetapi pada tahun 2005 setelah adanya alih kelolah yayasan Wijaya Putra kepada yayasan Karman amat dan dalam rangka menyamakan sebutan sekolah maka SMP KARMAN AMAT dirubah menjadi SMP Wijaya putra. Berdirnya SMP ini atas dorongan dari luar terutama dari kalangan masyarakat yang peduli akan pentingnya pendidikan yang lebih baik dan berkualitas khususnya di wilayah Pakal,  Surabaya barat pada umumnya. Sebagai lembaga formal di bawah naungan Yayasan Insan Indonesia Mandiri, SMP Wijaya Putra sadar akan pentingnya pendidikan  yang bermutu, baik dari segi intelektual maupun perilaku peserta didik, sebagaimana yang diamanatkan dalam UU sisdiknas no. 3 tahun 2003 yakni tujuan pendidikan nasional adalah membentuk manusia yang berkarakter oleh sebab itu selaras dengan tujuan sekolah SMP Wijaya Putra mulai tahun pelajaran 2005 telah melaksanakan pendidikan budi pekerti. Dengan demikian SMP Wijaya Putra dalam melaksanakan pendidikan memilki 3 (tiga) orentasi yang di terapkan dan di integrasikan ke dalam seluruh proses pendidikan dan pengajaran, yang terdiri dari Orentasi intelektual, orentasi komunikatif dan orentasi kebangsaan (berbudi  pekerti luhur).

Peserta didik lulus dari SMP Wijaya Putra memiliki :

  1. Kemampuan mengembangkan jati diri sebagai warga Negara Republik Indonesia, serta integritas moral (budi pekerti) yang tinggi.
  2. Kemampuan belajar sepanjang hayat secara mandiri yang ditinjukan dengan kemampuan mencari, mengorganisasikan, dan memproses informasi untuk kepentingan kini dan nanti serta kebiasaan membaca dan menulis.
  3. Pribadi yang bertanggung jawab terhadap tugas yang di berikan yang di tunjukan dengan kesediaan menerimah tugas, menentukan standart, dan trastegi yang tepat serta kompeten dalam menyelesaikan tugas tersebut dan bertanggung jawab terhadap hasilnya.
  4. Kemampuan berpikir yang kuat dan luas kritis, inovatif, dan komunikatif.
  5. Penguasaan tentang diri sendiri sebagai pribadi (inter personal) kualitas pribadi.
  6. Penguasaan materi pelajaran yang ditunjukan dengan kelulusan ujian akhir Nasional.
  7. Penguasaan teknologi dasar yang mutakir dan canggih.
  8. Kemampuan mengkomunikasikan Ide dan informasi kepada pihak lain dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing (Inggris dan Mandarin).
  9. Kemampuan mengelolah kegiatan (merencanakan, mengorganisasikan, melaksanakan, mengkoordinasikan, dan mengevaluasi)
  10. Kemampuan mengidentifikasi, pengorganisasian, merencana, dan mengalokasikan sumber daya manusia maupun sumber daya penelitian, perlengkapan, perbekalan, waktu dan bahan.
  11. Kemampuan memecahkan masalah dan pengambilan keputusan.
  12. Terampil menggunakan ICT.
  13. Memahami budaya/kultur.
  14. Kepedulian terhadap lingkungan sosial, fisik, dan budaya.

VISI dan MISI SEKOLAH WIJAYA PUTRA

Visi

  • Menghasilkan warga sekolah yang cerdas, dan Berbudi Pekerti Luhur.

Misi

  1. Membimbing siswa dalam perkembangan moral dan pembentukan kepribadian.
  2. Menghidupkan iklim belajar yang kompetitif.
  3. Membimbing pengembangan diri siswa dengan baik.
  4. Mengoptimalkan pengembangan lingkungan dengan warga sekolah.
  5. Mengelolah menajemen sekolah dengan baik dan benar.
  6. Membimbing pengembangan dan pengetahuan teknologi.

Towards Modern School & Holistic Education
© 2013 Sekolah Wijaya Putra