Kurikulum SMK Wijaya Putra

SMK Wijaya Putra sejak Tahun Pelajaran 2013 – 2014 telah melaksakan Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memiliki empat aspek penilaian, yaitu aspek pengetahuan, aspek keterampilan, aspek sikap, dan perilaku. Adapun target dari implementasi Kurikulum 2013 adalah perubahan pendidikan karakter yang terintegrasi di sekolah, baik intrakurikuler, ekstrakurikuler, maupun kokurikuler.

Sejalan dengan implementasi kurikulum 2013, kurikulum SMK Wijaya Putra  memasukkan Pendidikan Budi Pekerti dan Jiwa Kewirausahaan yang terintegrasi pada setiap mata pelajaran

Pendidikan budi pekerti terintegrasi ke dalam setiap mata pelajaran yang diajarkan di SMK Wijaya Putra merupakan upaya untuk mencapai tujuan pendidikan, khususnya dalam pengembangan sikap dan perilaku atau budi pekerti bagi peserta didik. Sehingga diharapkan peserta didik selain memiliki kemampuan intelektual akademik juga berperilaku dengan baik

Demikian juga dengan penanaman jiwa kewirausahaan terintegrasi pada semua mata pelajaran, berarti mendorong adanya mental yang mandiri, kreatif, inovatif, bertanggung jawab, disiplin, dan tidak mudah menyerah, seperti layaknya seorang wirausaha.

Dengan terbiasa berpikir kreatif, dan mengkombinasikan dengan pemikiran ilmiahnya, peserta didik akan terbiasa bebas memunculkan ide-idenya secara terkonsep dan terbiasa mandiri menghadapi problem ataupun tantangan. Dalam konteks wirausaha, ke depan diharapkan peserta didik memiliki jiwa intrapreneurship jika bekerja sebagai karyawan dalam perusahaan, dan memiliki jiwa entrepreneurship jika peserta didik tersebut memilih untuk bekerja mandiri.

Adapun mata pelajaran di SMK Wijaya Putra terbagi dalam kelompok sebagai berikut:

  • MUATAN NASIONAL
  1. Pendidikan Agama dan Budi Pekerti
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  3. Bahasa Indonesia
  4. Matematika
  5. Sejarah Indonesia
  6. Bahasa Inggris
  • MUATAN KEWILAYAHAN
  1. Seni Budaya
  2. Pendidikan Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
  • MUATAN PEMINATAN KEJURUAN
  • KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
    • Dasar Bidang Keahlian
      1. Simulasi dan Komunikasi Digital
      2. Fisika
      3. Kimia
    • Dasar Program Keahlian
      1. Gambar Teknik Otomotif
      2. Teknologi Dasar Otomotif
      3. Pekerjaan dasar Otomotif
    • Kompetensi Keahlian
      1. Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan
      2. Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan
      3. Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan
      4. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

  • KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
    • Dasar Bidang Keahlian
      1. Simulasi dan Komunikasi Digital
      2. Fisika
      3. Kimia
    • Dasar Program Keahlian
      1. Sistem Komputer
      2. Komputer dan Jaringan Data
      3. Pemrograman Dasar
      4. Dasar Desain Grafis
    • Kompetensi Keahlian
      1. Teknologi Wan
      2. Administrasi Infrastruktur Jaringan
      3. Administrasi Sistem Jaringan
      4. Teknologi Layanan Jaringan
      5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

  • KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA
    • Dasar Bidang Keahlian
      1. Simulasi dan Komunikasi Digital
      2. Fisika
      3. Kimia
    • Dasar Program Keahlian
      1. Sistem Komputer
      2. Komputer dan Jaringan Data
      3. Pemrograman Dasar
      4. Dasar Desain Grafis
    • Kompetensi Keahlian
      1. Desain Grafis Percetakan
      2. Desain Media Interaktif
      3. Teknik Animasi 2D dan 3D
      4. Teknik Pengolahan Audio Video
      5. Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

  • KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA
    • Dasar Bidang Keahlian
      1. Simulasi dan Komunikasi Digital
      2. Ekonomi Bisnis
      3. Administrasi Umum
      4. Ilmu Pengetahuan Alam
    • Dasar Program Keahlian
      1. Etika Profesi
      2. Aplikasi Pengolah Angka
      3. Akuntansi Dasar
      4. Perbankan dasar
    • Kompetensi Keahlian
      1. Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan manufaktur
      2. Praktikum Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah
      3. Akuntansi Keuangan
      4. Komputer akuntansi
      5. Administrasi Pajak
      6. Produk Kreatif dan Kewirausahaan
  • MULOK

SMK Wijaya Putra melaksanaan pembelajaran Muatan Lokal  Bahasa Jawa pada semua tingkatan kelas berdasarkan Pergub No. 19 Tahun 2014 tentang pelak pelaksanaan Muatan Lokal Wajib di Provinsi Jawa Timur

AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA  adalah suatu ilmu yang mempelajari proses pengidentifikasian transaksi, pencatatan, penggolongan, pengikhitisaran dan pelaporan untuk pihak yang berkepentingan (pihak intern dan ekstern).

Laporan yang dihasilkan dari penerapan proses akuntansi adalah laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, laporan arus kas dan catatan atas laporan keuangan.

Untuk menghasilkan laporan tersebut, diperlukan pengetahuan, ketrampilan dan sikap yang sesuai untuk menjalankan profesi tersebut dalam hal ini adalah profesi tenaga akuntansi.

Tenaga akuntansi sangat diperlukan oleh perusahaan berskala kecil, menengah, hingga  besar sekalipun. Baik perusahaan jasa, dagang, manufaktur, maupun lembaga pemerintah, karena data yang dihasilkan oleh bagian akuntansi sangat diperlukan perusahaan untuk mengetahui likuiditas, solvabilitas dan rentabilitas perusahaan yang digunakan sebagai alat pengambilan keputusan.

 

VISI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

“Mewujudkan insan yang unggul, profesional, dan kompeten dibidang Akuntansi, serta mampu berkarya dan berwirausaha.”

MISI KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

  1. Meningkatkan kompetensi peserta didik yang siap memasuki dunia kerja di pasar nasional
  2. Menghasilkan tamatan yang memiliki kecakapan hidup untuk membuka usaha mandiri
  3. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kerja kependidikan yang bersertifikasi
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran  yang optimal; dan
  5. Meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

 

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI

Menjadikan tenaga terampil sebagai Tekhnisi Akuntansi di tingkat pelaksana yang mampu mengelola bukti transaksi keuangan, mengelola buku jurnal, mengelola buku besar, menyelesaikan siklus akuntansi perusahaan jasa, dagang, manufaktur dan pemerintahan

TARGET PEMBELAJARAN :

Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keluangan Lembaga mempelajari berbagai bidang keilmuan yang berkaitan dengan dasar bidang keahlian yang meliputi Simulasi dan Komunikasi Digital, Ekonomi Bisnis, Administrasi Umum, Ilmu Pengetahuan Alam. Perserta didik juga mempelajari pengetahuan yang terkait dengan dasar program keahlian yaitu Etika Profesi, Aplikasi Pengolah Angka, Akuntansi Dasar, Perbankan dasar. Pemahaman menyeluruh yang terkait dengan kompetensi keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga meliputi Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan manufaktur, Praktikum Akuntansi Lembaga / Instansi Pemerintah, Akuntansi Keuangan, Komputer akuntansi, Administrasi Pajak. Serta pembekalan dan pembiasaan dalam pembelajaran produk kreatif dan kewirausahaan

KOMPETENSI LULUSAN :

Lulusan Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK WIjaya Putra mampu melakukan pekerjaan akuntansi yang berkaitan dengan penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan jasa, dagang, manufaktur dan pemerintah baik secara manual maupun dengan menggunakan software akuntansi (MYOB, ACCURATE) sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industri, pendidikan dan pemerintahan. Selain itu memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Serta dapat membuka peluang usaha dengan menjadi seorang wirausahawan.

SERTIFIKASI

Setiap lulusan kompetensi keahlian Akuntansi SMK Wijaya Putra dibekali dengan berbagai kompetensi yang di buktikan dengan sertifikat dari :

  1. Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)
  2. Dunia Usaha dan Dunia Industri

INSTITUSI PASANGAN

  1. Badan Pengelolaan Keuangan Dan Pajak Daerah
  2. Centro Digital Printing
  3. Fortuna Motorindo
  4. Surya Gemilang Motor
  5. Dinas Kesehatan Kota Surabaya
  6. Persekutuan Perdata Konsultan Dorando
  7. Ciputra Development, Tbk
  8. Citraraya Mandiri Motor
  9. Indoprima Gemilang Engineering
  10. Indowire Prima Industrindo
  11. Jade Development
  12. Jawa Pratama Mandiri
  13. Maxistar Intermoda Indonesia
  14. NRZ Prima Gasket
  15. Pelindo Marine Service
  16. Petrokopindo Cipta Selaras
  17. Prima Anugerah Santoso
  18. Singa Mas Logistik
  19. Temprina Media Grafika
  20. Toyota Asri Motor
  21. Telkom Divisi Regional V

RUANG LINGKUP PEKERJAAN :

  1. Staf Akuntansi pada Perusahaan dan Lembaga Pemerintah
  2. Staf Administrasi pada Perusahaan dan Lembaga Pemerintah
  3. Staf Audit Kantor Akuntan Publik
  4. Staf Konsultan Pajak
  5. Staf Perusahaan Perbankan
  6. Cashier
  7. Mengelola akuntansi untuk usaha mandiri
  8. Wirausaha

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia game, dan juga untuk membuat website.

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri atau otodidak. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara) dan juga berupa ( berwujud). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsumsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik, dan film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.

Multimedia telah diaplikasikan dalam berbagai bentuk dan tujuan sesuai fungsi pengaplikasiannya, seperti:

  1. Digital Printing
  2. 2D Animation
  3. Graphic Design
  4. Desktop Publishing
  5. Video Editing
  6. 3D Modelling
  7. Editor Film,
  8. Photography

Sesuai dengan motto SMK Wijaya Putra yaitu Buillding on Skills, Behaviour and Entrepreneurship. Untuk itu Kompetensi Keahlian MultiMedia SMK Wijaya Putra  membekali Peserta Didik MultiMedia dengan muatan kurikulum yang link & match dengan dunia usaha dan industri, dan pendidikan budi pekerti yang luhur serta pendidikan berwirausaha agar lulusan SMK Wijaya Putra siap menjadi seorang pembuka lowongan pekerjaan, tidak hanya sebagai pencari pekerjaan. 

 

VISI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

“Mewujudkan insan yang unggul, profesional, dan kompeten dibidang Multimedia, serta mampu berkarya dan berwirausaha.”

 

MISI KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

  1. Meningkatkan kompetensi peserta didik yang siap memasuki dunia kerja di pasar nasional
  2. Menghasilkan tamatan yang memiliki kecakapan hidup untuk membuka usaha mandiri
  3. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kerja kependidikan yang bersertifikasi
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran  yang optimal; dan
  5. Meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

TUJUAN KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA

  1. Menjadikan tenaga yang terampil sebagai Tekhnisi Multimedia yang mampu mendesain multimedia untuk media pendidikan dan bisnis.
  2. Menjadikan tenaga yang terampil sebagai Animator 2 Dimensi dan 3 Dimensi untuk media pembelajaran dan Iklan, hiburan, dan Film (Education)
  3. Menjadikan tenaga yang terampil sebagai Teknisi Video Digital dan Efek Visual yang mampu menguasai teknik audio dan video digital untuk media informasi, belajar, hiburan, dan iklan (info-edutainment).

TARGET PEMBELAJARAN :

Kompetensi Keahlian Multimedia mempelajari berbagai bidang keilmuan yang berkaitan dengan Multimedia dari dasar kompetensi kejuruan yang meliputi memahami dasar-dasar merakit personal komputer, sistem operasi, jaringan dasar. Selain dasar-dasar para peserta didik juga mempelajari tentang kompetensi kejuruan seperti Teknik Animasi 3 Dimensi, Pengolahan Citra Digital, Teknik Pengambilan Gambar Bergerak, Teknik Pengolahan Audio, Teknik Pengolahan Video, dan Desain Multimedia Interaktif.

 

KOMPETENSI KELULUSAN

Mampu memiliki penguasaan secara teknik dan mampu menyampaikan pesan secara audio visual bidang multimedia yang meliputi Graphic Design, Animasi, Videografi, dan Multimedia Interaktif, sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industri, pendidikan dan pemerintahan. Selain itu memiliki ilmu pengetahuan dan ketrampilan sebagai bekal untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Serta dapat membuka peluang usaha dengan menjadi seorang wirausahawan)

SERTIFIKASI

Setiap lulusan kompetensi keahlian Multimedia SMK Wijaya putra dibekali dengan berbagai kompetensi  yang di buktikan dengan sertifikat dari :

PT Awak Media Indonesia

 

INSTITUSI PASANGAN

  1. Trivia Nusantara
  2. Image Plus
  3. Metro TV Jatim
  4. BBS TV
  5. Metropolis Digital Printing
  6. Percetakan Rachmalia
  7. Centro Digital Printing
  8. Magic Star
  9. I-News (RCTI Jatim)
  10. Media Televisi Lestari Satu
  11. UNIART

 

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan kompetensi keahlian Multimedia antara lain:

  1. Multimedia Development atau Pengembang Multimedia terdiri dari Pembuat Multimedia dan Pemelihara Multimedia
  2. Production House atau Rumah Produksi Sinema/Film terdiri dari Penyunting video dan Pembuat video klip
  3. Media and Advertisement atau Industri Media dan Periklanan terdiri dari Pembuat media informasi dan Pembuat animasi
  4. Game Development atau Pengembang Permainan terdiri dari Pembuat media simulator (simulasi) dan Pembuat games (permainan)

 

UNIT PRODUKSI

D-Sign Production Meliputi : Design Advertising, Audio Video Production

 

KARYA - KARYA MULTIMEDIA

Silakan klik icon ini youtube

Teknik Kendaraan Ringan adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil. Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua system dan subsistem.

Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan  agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas SMK Wijaya Putra yang mempunyai motto Building on skills, behaviour and entrepreneurship. Untuk itu kompetensi Teknik Kendaraan Ringan SMK Wijaya Putra membekali Peserta Didik dengan kurikulum yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Dunia industry dan dunia usaha, pendidikan Budi pekerti yang luhur serta pendidikan berwirausaha agar lulusan SMK Wijaya Putra siap menjadi seorang pembuka lowongan pekerjaan, tidak hanya sebagai pencari pekerjaan. 

 

VISI

“Mewujudkan insan yang unggul, profesional, dan kompeten di bidang Teknik Kendaraan Ringan, serta mampu berkarya dan berwirausaha.”

 

MISI

  1. Meningkatkan kompetensi peserta didik yang siap memasuki dunia kerja di pasar nasional
  2. Menghasilkan tamatan yang memiliki kecakapan hidup untuk membuka usaha mandiri
  3. Meningkatkan mutu pendidik dan tenaga kerja kependidikan yang bersertifikasi
  4. Meningkatkan sarana dan prasarana pendidikan untuk mendukung proses pembelajaran yang optimal; dan
  5. Meningkatkan pelayanan untuk memenuhi kepuasan pelanggan.

 

 

TUJUAN PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Wijaya Putra yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan ketrampilan agar kompeten dalam :

  1. Bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
  2. Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlianTeknik Kendaraan Ringan.
  3. Menciptakan Lapangan Kerja sendiri atau bewirausaha dalam bidang kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan.
  4. Melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang dimiliki

 

KOMPETENSI LULUSAN

Lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Wijaya Putra di bekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif,  Perawatan dan perbaikan chasis dan suspense otomotif, Perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industry.

 

SERTIFIKASI

Setiap lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Wijaya Putra dibekali dengan berbagai kompetensi yang di buktikan dengan sertifikatdari :

  1. INDOMOBIL PRIMA NIAGA
  2. PT.UNITED MOTORS CENTRE (SUZUKI) Gresik

 

 

INSTITUSI PASANGAN

  1. PT.UNITED MOTORS CENTRE (SUZUKI)
  2. PT. HONDA CITRA CAKRA
  3. PT. Blue Bird Group
  4. PT. Liek Motor
  5. INDOMOBIL PRIMA NIAGA
  6. Aries Motor
  7. OXXO Motor
  8. Garasindo Mobil

 

RUANG LINGKUP PEKERJAAN

  1. Bengkel ATPM/Bengkel Umum sebagai: Teknisi/mekanik, Pelayanan suku cadang
  2. Industri : sebagai Operator Teknisi Perakitan danTeknisi Produksi
  3. Dengan memanfaatkan kemampuan, pengalaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Teknik Mekanik Otomotif

UNIT PRODUKSI

Perawatan Rutin Kendaraan Bermotor dan Pembuatan media belajar otomotif

 TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) adalah merupakan ilmu yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkait kemampuan algoritma dan pemrograman komputer, perakitan komputer, perakitan jaringan komputer, dan pengoperasian perangkat lunak dan internet. Teknik komputer dan jaringan juga membutuhkan pemahaman di bidang teknik listrik dan ilmu komputer sehingga mampu mengembangkan dan mengintegrasikan perangkat lunak dan perangkat keras khususnya pada personal komputer (PC).

Teknik Komputer dan Jaringan digunakan pula di dunia pendidikan dan bisnis. Di dalam dunia pendidikan Teknik Komputer dan Jaringan digunakan sebagai system untuk memudahkan pen-“sharing”-an data antar komputer.  Di  dalam  bisnis  Teknik Komputer dan Jaringan digunakan  sebagai  pembuatan system informasi melalui jaringan internet berbasis web dinamis dan pelatihan.

Teknik Komputer dan Jaringan telahdiaplikasikandalam berbagai bentuk dantujuan sesuai fungsi pengaplikasiannya,seperti:

  1. Internet Provider
  2. Teknik Pemasangan jaringan nirkabel
  3. Administrator server jaringan
  4. Integrator komputer
  5. Integrator VOIP
  6. Web Administrator

TARGET PEMBELAJARAN :

Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan mempelajari berbagai bidang keilmuan yang berkaitan dengan Teknik Komputer dan Jaringan dari dasar kompetensi kejuruan yang meliputi memahami dasar-dasar merakit personal komputer, sistem operasi, jaringan dasar, pemrograman web. Selain dasar-dasar para peserta didik juga mempelajari tentang kompetensi kejuruan seperti Sistem Operasi Jaringan, Rancang Bangun Jaringan, Administrasi Server, Jaringan Nirkabel, Keamanan Jaringan dan Troubleshooting Jaringan.

 KOMPETENSI KELULUSAN

Lulusan Teknik Komputer dan Jaringan  mempunyai kompetensi dalam bidang TIK diantaranya kemampuan dalam :

  1. Pemahaman tentang software dan hardware Komputer dan pengaplikasian tentang manfaat Jaringan Dasar Komputer.
  2. Pemahaman tentang Dasar Desain Grafis
  3. Penerapan Administrasi Infrastruktur Jaringan
  4. Penerapan Administrasi Sistem Jaringan
  5. Memahami perkembangan teknologi layanan jaringan
  6. Desain web untuk media informasi dan komunikasi global
  7. Mengaplikasikan seluruh kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan di dalam tingkat pendidikan lebih lanjut dan dunia bisnis (dunia usaha)
  8. Menjadikan siswa seorang wirausahawan di bidang penyedia layanan jaringan internet (Internet Service Provider) yang handal
  9. Mampu melakukan perbaikan serta pemeliharaan perangkat komputer baik di bidang software dan hardware serta mampu menjadikan wirausahawan penyedia jasa jasa pengadaan perangkat computer yang handal

SERTIFIKASI

Setiap lulusan kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan SMK Wijaya putra dibekali dengan berbagai kompetensi  yang di buktikan dengan sertifikat dari :

PT Hipernet IndoData (HyperNet) Surabaya

 INSTITUSI PASANGAN

  1. TELKOM DEVISI REGIONAL V JATIM
  2. NUSANET (Internet Solution Provider) Surabaya
  3. Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Timur (KOMINFO PROVINSI JATIM)
  4. PT Hipernet IndoData (HyperNet) Surabaya
  5. Cross Network Indonesia (CrossNet) Surabaya
  6. Rahajasa Media Internet (RADNET) Surabaya
  7. Gamma Microtech Komputer Surabaya
  8. PT Inti Data Telematika (Intinet) Surabaya.
  9. Media Sarana Data Surabaya

 RUANG LINGKUP PEKERJAAN

Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan kompetensi keahlian teknik komputer, dan jaringan antara lain:

  • Penyedia jasa layanan internet
  1. Mengidentifikasi kebutuhan keamanan jaringan
  2. Mendesain sistem keamanan jaringan
  3. Menginstalasi sistem keamanan jaringan
  4. Menginstalasi, dan administrasi server otentikasi
  5. Mengoperasikan sistem keamanan jaringan
  6. Monitoring keamanan jaringan
  • Jaringan nirkabel
  1. Merancang, dan melakukan survey lapangan
  2. Membuat antenna
  3. Menginstalasi jaringan nirkabel
  4. Mengkonfigurasi peralatan
  5. Mengoperasikan jaringan nirkabel
  • Administrator server
  1. Mengatur server
  2. Mengatur band width
  3. File sharing
  4. Memantau server
  5. Mengatur lalu lintas jaringan
  • Integrator komputer
  1. Merakit komputer
  2. Memperbaiki komputer
  3. Menginstalasi sistem operasi berbasis graphical user interface(GUI), dan text-based user interface (TUI)

 

  • Integrator VOIP
  1. Indentifikasi kebutuhan
  2. Merancang jaringan VOIP
  3. Instalasi softswitch
  • Administrator Linux
  1. Melakukan instalasi sistem operasi Linux
  2. Melakukan perawatan sistem operasi Linux
  3. Melakukan virtualisasi

 

  • Integrator, dan administrator jaringan
  1. Merancang bangun, dan menganalisa Wide Area Network
  2. Memasang jaringan lokal
  3. Melakukan instalasi perangkat jaringan area luas (Wide Area Network)
  4. Menginstalasi sistem operasi jaringan
  5. Menganalisa, dan memperbaiki kerusakan, kesalahan, atau kondisi tidak bekerjanya koneksi di sistem jaringan
  6. Merancang basis dataweb untuk content server
  7. Instalasi web server
  8. Instalasi basis data server
  9. Instalasi server jaringan
  10. Instalasi sistem manajemen konten
  11. Instalasi, dan integrasi perangkat lunak kolaborasi

 

  • Administrator web
  1. Konfigurasi web
  2. Perawatan web
  3. Memantau jaringan
  4. Mengatur lalu lintas jaringan
  5. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan area luas(Wide Area Network)
  6. Melakukan perbaikan, dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan area luas (Wide Area Network)
  7. Memantau keamanan jaringan
  8. Melakukan perbaikan, dan/atau mengatur ulang koneksi jaringan

 

Prestasi Siswa Jurusan Multimedia.

  1. Juara Favorit,Trophy Program Sistem Informasi Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya Kompetisi Nasianal MADIG 2012 Jilid 6 | Surabaya,3 November 2012
  2. Juara 1 Kompetisi MADIG Surabaya Kreatif 2013 (SMK SMA Se-Surabaya)
  3. Juara 2 Public Service Android Application For Surabaya (LARASDIKDUDI Fair 2014) Forum LARASDIKDUDI di Kota Surabaya
  4. Juara 2 Trophy Gubernur Jawa Timur Tahun 2014
  5. Juara 1 Kompetisi MADIG Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 201
  6. Juara Harapan 1 Kompetisi animasi Digital Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2015
  7. Juara Harapan 2 Web Design Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2014
  8. Juara Harapan 1 Kompetisi MADIG Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2015
  9. Juara 3 Kompetisi MADIG “Semanggi Suroboyo” Tahun 2014
  10. Juara 2 Kompetisi MADIG “Semanggi Suroboyo” Tahun 2014
  11. Trophy Walikota Bergilir Kompetisi MADIG “semanggi Suroboyo” Tahun 2014
  12. Juara Harapan 1 Kompetisi MADIG Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2015
  13. Juara 2 Kompetisi MADIG Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2015
  14. Juara Harapan 2 Kompetisi Animasi Digital Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2015
  15. Juara III Kompetisi Majalah Digital Tingkat SMA-SMK se-Surabaya Tahun 2016
  16. Juara I Lomba Desain Grafis se-kota Surabaya 2016
  17. Siswa Multimedia Lolos sebagai Peserta Duta Bangsa Untuk Indonesia 40 besar dari 2000 peserta se-Indonesia (2016)
  18. Penata kamera terbaik se-jawa Timur di Bios TV (2017)
  19. Lolos 15 besar se-Indonesia sebagai ambassador Duta Bangsa Indonesia untuk Dunia (2017)
  20. Peserta LKS tingkat kota Surabaya (desain grafis dan animasi) (2017)
  21. Finalis 10 besar lomba animasi Kemdikbud se -Indonesia (2017)
  22. Juara 1 dan top score tingkat nasional Hockey  di Bandung (2018)
  23. Juara 1, 2 dan 3 Lomba Safety Riding se Surabaya Barat (2018)
  24. Juara 3 Kejuaraan Jujitsu tingkat Nasional  di ITN Malang (2018)
  25. Juara 1 Kejurda jujitsu Piala KONI (2018)
  26. Juara Iklan Layanan Masyarakat Kategori Terunik  dalam Festiva Ekstra (2019)
  27. Juara 1 lomba Akuntansi di STIE Perbanas (2019)

 

Informasi  lengkap Kunjungi : Klik icon  (Follow ya...!!)

ig

youtube

fb

 

TOP